Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Abe Berjanji Akan Hadap Korut dengan Tegas

Kompas.com - 23/10/2017, 07:19 WIB

ShTOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan ia akan menangani Korea Utara (Korut) secara tegas setelah jajak pendapat yang dilakukan usai pencoblosan menunjukkan ia menang lagi secara meyakinkan dalam pemilihan umum.

Berdasarkan jajak pendapat Minggu (22/10/2017), koalisi di bawah pimpinan Partai Liberal Demokrat (LDP) mengusai dua pertiga dari kursi di Majelis Rendah.

Shinzo Abe mengatakan tugas yang akan segera dilaksanakan adalah menggunakan diplomasi tegas untuk mengatasi Korut terkait ambisi senjata nuklirnya.

"Sebagaimana saya janjikan dalam pemilihan umum, tugas yang perlu segera dilakukan adalah menangani Korut secara tegas," kata Abe.

Baca: PM Abe Sukses Besar, Raih 'Supermayoritas' Parlemen

"Untuk mencapai tujuan itu, diperlukan diplomasi yang kuat," tambahnya.

Ia menginginkan perubahan konstitusi negara itu sehingga peran militer dapat diperluas.

Pada 25 September, Abe mengumumkan pemilihan umum awal dengan alasan ia memerlukan mandat baru untuk mengatasi "krisis nasional" di tengah ketegangan dan ancaman dari Korut yang berkali-kali telah melakukan uji coba nuklir dan rudal.

Korut telah mengancam untuk "menenggelamkan" Jepang ke laut. Korut rea Utara juga telah menembakkan dua rudal melewati wilayah Hokkaido, sebuah pulau di Jepang bagian utara.

Hasil penghitungan suara menunjukkan kemenangan Abe.

Baca: Akankah PM Abe Bubarkan Parlemen dan Gelar Pemilu Dini 

Dengan demikian, perkembangan itu akan memperkuat peluangnya untuk dipilih lagi dalam pemilihan Ketua LDP pada September 2018.

Pemilihan kembali sebagai ketua LDP juga akan memberikan peluang kepadanya untuk mencatatkan diri sebagai perdana menteri yang paling lama berkuasa di Jepang setelah dipilih pada 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com