Kompas.com - 20/10/2017, 18:20 WIB
|
EditorErvan Hardoko

BRASILIA, KOMPAS.com - Langkah pemerintah Brasil untuk mengatasi masalah kelaparan warga miskin menuai kontroversi.

Pemerintah negara bagian Sao Paolo berencana memberikan produk olahan daur ulang dari sisa makanan untuk anak-anak di sekolah miskin.

Wali kota Sao Paolo Joao Doria, awal pekan ini memperkenalkan produk makanan yang diberi nama farinata tersebut.

Dia percaya cara ini bisa mengatasi masalah kelaparan sekaligus mengurangi limbah sisa makanan.

Baca: Telan 1,3 Kg Kokain, Pria Brasil Ini Ditangkap di Bangkok

Namun, sebagian masyarakat justru menilai makanan tersebut tak pantas disajikan, terlebih untuk anak-anak dan menyebutnya sama seperti makanan anjing.

Terlepas dari respon masyarakat akan bentuk dan asal-usul makanan itu, Doria,  politisi Partai Sosial Demokrasi Brasil (PSDB) dan diperkirakan bakal maju dalam pemilihan presiden tahun depan, mengatakan, pihaknya telah mendapat restu untuk mendistribusikan makanan tersebut ke sekolah-sekolah.

"Kementerian Pendidikan sudah memberikan izin untuk penggunaan makanan tersebut di sekolah-sekolah sebagai pelengkap," ujar Doria, ditulis AFP.

Menteri Urusan Hak Asasi Eloisa Arruda menyebut langkah tersebut diambil sebelum penelitian lengkap terkait kebutuhan nutrisi bagi siswa kurang mampu di Sao Paolo dilakukan.

Belum lagi kurangnya keterbukaan tentang farinata dan cara penggunaannya yang tepat justru semakin menambah kontroversi di tengah masyarakat yang sudah diliputi kesenjangan antara si kaya dan si miskin.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.