Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Karya Renoir Milik Trump Kemungkinan Besar Palsu

Kompas.com - 20/10/2017, 14:30 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump dikabarkan mengaku memiliki sebuah lukisan asli karya seniman Perancis Pierre-Auguste Renoir.

Trump bersikukuh lukisan "Two Sisters" miliknya adalah asli meski sebuah galeri di Chicago meragukan keaslian lukisan tersebut.

Pasalnya, di dunia ini hanya ada satu versi asli "Two Sisters" dan galeri itu mengklaim lukisan asli kini tergantung di ruang pamernya.

Tim O'Brien, penulis biografi Trump, pertama kali melihat lukisan karya seniman impresionisme Perancis itu di dalam jet pribadi sang miliuner.

Baca: Pameran Lukisan Palsu Digelar di Argentina

"Anda tahu, itu adalah lukisan Renoir asli," kata O'Brien menirukan kata-kata Tump kepadanya.

Namun, kata O'Brien, dia merespon Trump dan mengatakan lukisan milinya bukanlah lukisan asli.

"Saya tumbuh besar di Chicago, dan lukisan Renoir berjudul Two Sisters (on the Terrace) yang asli tergantung di Institut Seni Chicago. Milik Trump bukan asli," ujar O'Brien.

Namun, kata O'Brien, Trump nampaknya tak mau percaya jika lukisan miliknya kemungkinan palsu. Di hari berikutnya Trump kembali mencoba membuktikan keaslian lukisan itu kepada O'Brien.

Lukisan yang diklaim asli itu kini digantung di Trump Tower, kediaman resmi Trump di New York. Lukisan itu bahkan menjadi latar belakang saat Trump diwawancarai program "60 Minutes" menyusul kemenangannya dalam pemilihan presiden.

"Saya yakin dia masih mengatakan kepada orang-orang yang datang ke apartemennya bahwa lukisan itu asli," kata O'Brien.

"Dia meyakini kebohongannya sendiri selama beberapa dekade. Dia menyampaikan cerita yang sama berulang kali, dia tak peduli meski kebenaran ada di hadapannya," tambah dia.

Sementara itu, juru bicara Institut Seni Chicago Amanda Hicks kepada harian The Chicago Tribune memgatakan, institut itu mendapatkan lukisan tersebut pada 1933.

Lukisan itu merupakan hadiah dari Annie Swan Coburn, yang membelinya dengan harga 100.000 dolar dari penjual barang-barang seni Paul Durand-Ruel.

Paul Durand-Ruel membeli lukisan tersebut langsung dari Renoir pada 1881.

Halaman:
Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com