Kompas.com - 20/10/2017, 08:30 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BEIRUT, KOMPAS.com - Sedikitnya 16 warga sipil, termasuk beberapa anak tewas dalam serangan udara yang diyakini telah dilakukan jet tempur Rusia, di Provinsi Deir Ezzor, Suriah, Kamis (19/10/2017).

Dalam beberapa waktu terakhir, sebagian wilayah provinsi di sebelah timur Suriah itu dikendalikan oleh kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

"Warga sipil terbunuh saat mereka mencoba menyeberangi Sungai Efrat di dekat Kota Abu Kamal," kata lembaga Observatorium untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris.

Baca: ISIS Mengancam Akan Serang Piala Dunia 2018 di Rusia

Lembaga pemantau ini mengandalkan informasi dari jaringan sumber di Suriah.

Disebutkan, mereka mengidentifikasi pesawat yang melakukan penyerangan, berdasarkan jenis, lokasi, pola penerbangan, dan amunisi yang digunakan.

Dari analisa itu, seperti diberitakan AFP, didapat kesimpulan bahwa jet tempur Rusia yang telah melakukan serangan tersebut.

Abu Kamal adalah salah satu dari sedikit benteng ISIS yang tersisa di Suriah.

Baca: Mentan Minta Ekspor Daging Babi ke Indonesia, Putin Tertawa

ISIS telah kehilangan kendali Raqa pada minggu ini, yang sebelumnya disebut sebagai ibukota "kekhalifahan" para teroris, yang diklaim pada tahun 2014.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.