Kompas.com - 18/10/2017, 07:41 WIB
|
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan wakil presiden AS Joe Biden meluncurkan serangan terhadap Presiden Donald Trump, Selasa (17/10/2017).

Dia mengatakan, para pemimpin Eropa menyamakan Trump dengan diktator Italia di masa Perang Dunia II, Benito Mussolini.

Biden, yang selama ini tak pernah terdengar mengkritik pemerintahan saat ini, menyebut Trump memiliki perilaku aneh dan tak memahami pemerintahan.

Menghadiri sebuah ajang bipartisan bersama Gubernur Ohio dari Partai Republik, John Kasich, Biden menyebut, setidaknya 14 pemimpin menghubunginya untuk lebih memahami perilaku Trump.

Baca: Giliran Wapres Joe Biden Menangis di Gedung Putih...

Biden bercerita saat Trump mendorong PM Montenegro Duski Markovic sambil membusungkan dada dalam KTT NATO pada Mei lalu membuat Trump kemudian disejajarkan dengan Mussolini dalam hal perilaku dan bahasa tubuh.

Cara Biden menirukan gaya Trump saat itu mengundang gelak tawa dari para undangan yang hadir dalam acara di Universitas Delaware itu.

"Ini bukan gurauan, sama sekali bukan gurauan. Itu yang dipikirkan banyak orang," ujar Biden.

"Melanggar norma-norma perilaku personal jauh lebih memicu keresahan dan ketakutan ketimbang kebijakan politik yang sudah dihasilkan presiden," kata Biden.

Biden lalu mengambil contoh sikap Trump dalam masalah Korea Utara di mana dia mengabaikan upaya Menlu Rex Tillerson yang mencoba membangun upaya diplomatik.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.