Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cahaya Berpendaran di Langit Dubai, Meteor atau Satelit?

Kompas.com - 17/10/2017, 19:26 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya


DUBAI, KOMPAS.com - Warga Dubai, Senin (16/10/2017) malam dikejutkan dengan penampakan sebuah cahaya yang melintas di langit ibu kota Uni Emirat Arab tersebut.

Kantor Media Dubai, melalui akun media sosialnya pun mengumumkan, cahaya tersebut berasal dari sebuah meteor.

"Pusat Antariksa Mohammed bin Rashid mengonfirmasikan bahwa sebuah meteor telah melintas di langit Dubai," tulis mereka di Twitter, Senin malam waktu setempat.

Baca juga: Suvenir Kenegaraan Uni Emirat Arab Ternyata Buatan Bandung

Dilaporkan situs berita Al Arabiya, Selasa (17/10/2017), penampakan cahaya tersebut sedianya juga dilihat banyak warga setempat yang kemudian mengunggahnya ke media sosial dalam bentuk foto maupun video.

Sebagian dari mereka juga menduga cahaya tersebut berasal dari pesawat terbang maupun satelit luar angkasa.

Namun, otoritas penerbangan sipil Uni Emirat Arab (GCAA) telah mengeluarkan pernyataan resmi melalui kantor berita WAM, bahwa cahaya tersebut adalah meteor yang memasuki orbit bumi.

GCAA mengatakan, penampakan meteor tersebut adalah hal wajar dan fenomena yang biasa terjadi di periode waktu saat ini, berkenaan dengan hujan meteor yang akan mencapai puncaknya pada 20 Oktober mendatang.

Kendati demikian, Associated Press mengabarkan, cahaya di langit Uni Emirat Arab, Senin malam tersebut kemungkinan merupakan sisa roket Rusia.

Sebuah pesawat antariksa memang baru saja diluncurkan dari pusat antariksa Rusia, Baikonur di Kazakhstan dengan membawa perbekalan untuk stasiun luar angkasa internasional pada Sabtu (14/10/2017).

Baca juga: Wisata Ramadhan di Uni Emirat Arab, Merasakan Atmosfer Sharjah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com