Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawatnya Diserang, Israel Hancurkan Peluncur Misil Suriah

Kompas.com - 16/10/2017, 21:52 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Pesawat jet Israel berhasil menghancurkan peluncur misil anti-serangan udara milik pemerintah Suriah.

Militer Israel menyebutkan, langkah tersebut diambil setelah Suriah menembahkan misil yang ditujukan ke pesawat Israel saat berpatroli di wilayah udara Lebanon dalam sebuah misi pengintaian.

Insiden yang terjadi Senin (16/10/2017) pagi waktu setempat, disebut sebagai kali pertama pesawat terbang Israel menjadi target pasukan Suriah saat melewati wilayah udara Lebanon sejak perang pecah di negeri itu.

Baca juga: Ikuti Jejak AS, Israel Juga Keluar dari UNESCO

Juru bicara militer Israel mengatakan, pesawat mereka terbang di wilayah Lebanon meskipun sedikit berdekatan dengan perbatasan Suriah. Saat itulah, sebuah misil berjenis SA5 ditembak ke arah pesawat mereka.

Misil tersebut gagal mencapai sasaran. Sebaliknya, pesawat tempur Israel lainnya berhasil melumpuhkan perangkat anti-serangan udara yang terletak sekitar 48 kilometer dari ibu kota Suriah, Damaskus tersebut.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terkait korban jiwa dari insiden serangan tersebut.

Peluncur roket tersebut diduga terkait insiden sebelumnya yang juga menargetkan pesawat tempur Israel.

PM Israel Benyamin Netanyahu menyebutkan ingin mengangkat isu yang mereka sebut sebagai semakin meningkatnya kehadiran Iran di Suriah, seperti dalam pengiriman senjata oleh Teheran kepada kelompok bersenjata Lebanon, Hezbollah yang juga sekutu utama rezim Presiden Bashar al-Assad.

Baca juga: Interpol Masukkan Palestina sebagai Anggota meski Ditentang Israel

"Rezim Suriah bertanggung jawab atas serangan apapun yang dilancarkan dari wilayah mereka. Dan kami melihat insiden ini sebagai bentuk provokasi yang tak bisa diterima."

"Jika serangan anti-pesawat udara ditujukan pada segala aktivitas militer, maka kami akan merespon seperti yang kami lakukan saat ini," ujar juru bicara Israel dilansir The Guardian.

Pengakuan Israel terkait serangan terhadap peluncur misil ini tak biasa. Pasalnya, Israel jarang berkomentar terkait operasi yang dilancarkan di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com