Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Hutan Tak Ada Makanan, Puluhan Beruang Masuk ke Pedesaan di Rusia

Kompas.com - 16/10/2017, 18:58 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Krisis kekurangan pangan telah mengakibatkan sejumlah besar beruang kelaparan dan agresif mendekati permukiman penduduk di Rusia Timur Jauh.

Seorang petugas kehutanan Rusia, Senin (15/11/2017), mengatakan, sejauh ini dua orang tewas akibat serangan beruang yang putus asa mencari makanan.

Pekan lalu, petugas kehutanan di Pulau Sakhalin mengatakan, 83 ekor beruang terpaksa ditembak mati karena membahayakan manusia.

Jumlah beruang yang harus ditembak mati naik tiga kali lipat dibanding tahun lalu.

Baca: Tidur di Tenda, Remaja Ini Terbangun Saat Kepalanya Digigit Beruang

"Hal seperti ini tak pernah terjadi sebelumnya. Di hutan tak ada cukup ikan, buah-buahan atau kacang-kacangan," kata petugas yang tak mau disebutkan namanya.

Petugas itu menuding penangkapan ikan salmon yang serampangan dan tak terkendali menjadi salah satu faktor menyusutnya makanan beruang.

Sebenarnya, kata petugas itu, warga tak diizinkan memasang jaring ikan di musim panas ini karena jumlah ikan sangat sedikit, tetapi mereka tetap memasang jaring," tambah dia.

Beruang-beruang yang keluar dari hutan kemudian masuk ke desa-desa mencari makanan, memangsa anjing peliharaan penduduk, dan bahkan sempat menggigit seorang warga desa.

"Di masa saat ini seharusnya beruang sudah memiliki cukup lemak di tubuhnya untuk menghadapi musim dingin. Namun, mereka amat kurus," tambah petugas.

Pada September lalu, serangan beruang menewaskan seorang pemburu dan pencari ikan. Beruang-beruang ini juga menyerang ternak dan menggali tanaman kentang milik warga.

Baca: Ingin Memberi Makan, Pria Thailand Nyaris Tewas Diserang Beruang

Petugas kehutanan memperkirakan krisis ini akan berlangsung hingga November hingga beruang-beruang yang kekurangan makan akan mati kedinginan sementara yang lain berhibernasi.

Sakhalin adalah sebuah pulau besar yang sebagian wilayahnya masih diselimuti hutan. Pulau ini terletak di sisi utara Jepang antara Laut Okhotsk dan Laut Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com