Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkatan Laut AS Kembali Unjuk Kekuatan Bersama Korsel

Kompas.com - 16/10/2017, 18:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis


SEOUL, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) bersama Korea Selatan (Korsel) kembali melakukan latihan bersama angkatan laut mereka sebagai unjuk kekuatan terbaru menentang Korea Utara (Korut).

Ketegangan atas program senjata nuklir Korut memang semakin tinggi dalam beberapa bulan terakhir menyusul aksi peluncuran misil dan enam kali uji coba nuklir yang dilakukan negara  tersebut.

Di tengah ketegangan yang meningkat itu, AS semakin menggenjot latihan militer bersama dengan Jepang dan Korsel, yang merupakan sekutu terdekatnya di kawasan itu.

"Latihan kali ini bertujuan untuk menjaga kesiapan menghadapi provokasi Angkatan Laut Korut sekaligus meningkatkan kemampuan dalam menjalankan operasi bersama," ujar juru bicara Korsel kepada kantor berita Perancis, AFP, Senin (16/10/2017).

Baca:Setelah Guam, Korea Utara Ancam Hancurkan Australia

Latihan kerja sama dilakukan selama sepuluh hari bertempat di sebelah selatan perbatasan maritim yang disebut Garis Batas Utara.

Dalam latihan bersama itu, Angkatan Laut AS akan turut mengirimkan kapal induk USS Ronald Reagan dan dua kapal perangnya.

Pyongyang melalui kantor berita utamanya, KCNA, mengutuk upaya latihan bersama tersebut dan menyebut bergabungnya kapal induk AS sebagai tindakan sembrono yang dilakukan maniak perang dan hanya akan memperburuk ketegangan di Semenanjung Korea.

Pada Jumat pekan lalu, kapal selam bertenaga nuklir AS, USS Michigan, sudah lebih dulu merapat di selatan pelabuhan Busan, demikian menurut laporan kantor berita Korsel, Yonhap.

Seminggu sebelumnya, AS juga menerbangkan dua pesawat pengebom di atas Semenanjung Korea dalam latihan malam pertama angkatan udara bersama Jepang dan Korsel.

Baca:Korut: Aksi Bunuh Diri, Australia Ikut Latihan Militer AS

Angkatan Bersenjata AS juga akan memamerkan sejumlah pesawat terbangnya dalam eksebisi di Seoul, yang akan dibuka pada Selasa (17/10/2017).

Komandan Tempur AS-Korea (USFK), Jenderal Vincent Brooks, mengatakan mereka akan mengadakan latihan tahunan untuk persiapan evakuasi saat terjadinya bencana di kawasan Semenanjung Korea.

"Walaupun tidak secara langsung terkait dengan situasi geopolitik saat ini, kita harus siap di semua wilayah," kata Brooks.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com