Kompas.com - 15/10/2017, 11:58 WIB
EditorPascal S Bin Saju

ABIDJAN, KOMPAS.com - Sebuah pesawat kargo yang mengangkut logistik untuk tentara Perancis jatuh terjerembab ke laut tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Abidjan, Pantai Gading, Sabtu (15/10/2017).

Empat warga Republik Moldova tewas, kata pihak berwenang di Pantai Gading. Dua warga Moldova lainnya dan empat warga Perancis, semuanya tentara, juga terluka seperti dilaporkan The Independent.

Kecelakaan itu terjadi di tengah badai disertai hujan deras dan petir. Gambar dari lokasi kejadian menunjukkan kondisi pesawat yang sebagiannya hancur di bibir pantai dekat Port-Bouet.

Seorang juru bicara Angkatan Bersenjata Perancis di Pantai Gading mengatakan, pesawat itu mengangkut logistik militer. Para korban luka dibawa ke kamp Port-Bouet, Abidjan, untuk dirawat.

Baca: Pesawat CN-235 Pesanan Kedua untuk Senegal Telah Tiba di Dakar

Seorang analis penerbangan mengklaim, pesawat tersebut adalah model Antonov AN-26-100. yang dirancang  Soviet, milik sebuah perusahaan yang kadang-kadang juga disewa PBB.

Selain itu terdapat logo “V” pada di ekor pesawat bersayap putih itu sehingga muncul dugaan,  pesawat itu milik Valan International Cargo Charter yang berbasis di Moldova.

Ratusan warga berkumpul di pantai dekat lokasi kejadian pada Sabtu saat petugas penyelamat bergegas menyelamatkan para korban.

Pada Februari 2000, Kenya Airways Airbus 310 yang membawa 179 orang tujuan Lagos, Nigeria, jatuh ke laut setelah lepas landas dari Abidjan. Hanya 10 orang selamat saat itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.