Kompas.com - 15/10/2017, 10:52 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.com - Menguasai seperdelapan bagian dari dunia ini, Rusia, sebuah negara adidaya di Eropa Timur mulai jatuh hati pada Indonesia.

Kecintaan masyarakat Rusia terhadap Indonesia ditandai dengan mulai meningkatnya hubungan antara dua negara dari masa ke masa.

Tak hanya hubungan diplomasi, namun hubungan antarwarga di sektor pariwisata hingga pendidikan mulai nyata terlihat.

Hingga kini, ada sekitar 50 mahasiswa di Universitas Saint Petersburg yang mulai menekuni bahasa Indonesia, seperti dilaporkan wartawan Kompas.com, Sabrina Asril, dari Saint Petersburg.

Jumlahnya memang tidak banyak. Namun, sebuah ruang sederhana dijadikan tempat khusus "Pusat Nusantara" bagi para Indonesianis di Rusia. 

Mahasiswa dari berbagai jurusan belajar bahasa dan budaya Indonesia di sana di bawah bimbingan, Profesor Alexander Oglobin.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon di sela-sela kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) KE-137 di Saint Petersburg, Rusia, Sabtu (14/10/2017).KOMPAS.com/SABRINA ASRIL Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon di sela-sela kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) KE-137 di Saint Petersburg, Rusia, Sabtu (14/10/2017).
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon untuk kedua kalinya bertemu dengan Oglobin dan mahasiswanya.

Pertemuan dilaksanakan di Pusat Nusantara Universitas Saint Petersburg, di sela-sela kegiatan delegasi DPR RI dalam Pertemuan Parlemen Sedunia (Inter-Parliamentary Union/IPU), Sabtu (14/10/2017).

"Mereka antusias sekali dan semuanya mempelajari bahasa Indonesia. Mereka tertarik Indonesia karena demokrasinya, mereka juga kaji Jawa Kuno, sastra Jawa, dan semua hal yang berbau Indonesia," kata pria lulusan Sastra Rusia Universitas Indonesia itu.

Fadli menyebut ada seorang mahasiswa yang meminta buku yang mengulas obat-obatan tradisional Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.