Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Anak Rohingya Tewas Diinjak Gajah di Hutan Banglades

Kompas.com - 15/10/2017, 08:18 WIB

COX’S BAZAR, KOMPAS.com – Tiga anak Rohingya yang sedang tidur di kamp pengungsian bersama orangtuanya di kawasan hutan Balukhali, Banglades, tewas dinjak gajah liar, Sabtu (15/10/2017).

Di samping tiga anak itu, seorang perempuan dewasa juga tewas diinjak gajah di wilayah yang sama. Kematian mereka menyoroti dampak lingkungan setelah pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar ke hutan di daerah perbukitan Balukhali.

Menurut The Guardian, para pengungsi sedang tidur pada Sabtu dini hari di kamp pengungsi Rohingya di Balukhali. Gajah yang lewat pun menginjak tiga anak dan seorang perempuan hingga tewas.

Selain empat orang tewas, empat pengungsi Rohingya lainnya juga terluka dan berada dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Sadar di Cox's Bazar, kata seorang polisi, Afrujul Hoque Totul.

Baca: Dua Pengungsi Tua Rohingya Tewas Diinjak Gajah Liar

Kematian akibat diinjak gajah liar tersebut merupakan insiden kedua sejak gelombang pengungsian Rohingya dimulai setelah akhir Agustus 2017.

Ratusan ribu pengungsi Rohingya yang tiba di Banglades menyebabkan kawasan hutan dirambah untuk dijadikan kamp penampungan sebab kamp yang ada sudah tak mampu menampung mereka.

Sudah lebih dari 530.000 pengungsi Rohingya melarikan diri ke Banglades dalam dua bulan terakhir sejak serangan militan Rohingya ke lebih dari 30 pos keamanan Myanmar, 25 Agustus lalu.

Baca: Mengamuk, Seekor Gajah Injak 4 Orang hingga Tewas

Serangan oleh militan itu menjadi alasan bagi Myanmar menggelar operasi militer, yang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa disebut sebagai pembersihan etnis.

Myanmar tetap membantah telah melakukan pembersihan etnis Rohingya, kecuali mengejar para militan Rohingnya yang melakukan serangan ke pos-pos keamanan negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com