Kompas.com - 10/10/2017, 18:24 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KIRKUK, KOMPAS.com - Pasukan Irak menemukan mayat dua awak pesawat yang ditembak jatuh oleh kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) tahun lalu.

Cessna 208 Caravan jatuh di atas Kota Hawija, bekas benteng gerombolan teroris yang direbut kembali oleh pasukan Pemerintah Irak, minggu lalu.

"Kedua awak pesawat itu tewas dalam kecelakaan dengan pesawat Cessna yang mereka pakai di Hawija pada Maret 2016."

Demikian pernyataan pihak Angkatan Udara, seperti dikutip AFP, Selasa (10/10/2017).

"Kami telah menemukan kedua jasad itu. Para teroris menyembunyikan mayat Brigadir Jenderal Ali al-Ubudi dan Mayor Mohammed al-Shikhli."

Baca: Teroris ISIS Rebut Kota Simbol Koeksistensi Religius di Suriah

Dalam pernyataan itu pun diungkapkan bahwa kini tengah digelar pencarian atas awak kapal ketiga, Kolonel Mohammed Abdel Kassar.

Teroris ISIS pernah menyatakan mereka menggunakan artileri anti-pesawat terbang ke arah pesawat yang menjatuhkan bom ke Hawija pada 16 Maret 2016.

Teroris pun merilis cuplikan yang menunjukkan bagaimana mereka melakukan perayaan di sekitar bangkai pesawat dan kru yang tewas.

Dalam versi tempurnya, Cessna 208 dapat digunakan untuk meluncurkan rudal Hellfire dengan pemandu laser.

Pasukan dan milisi Irak sudah menguasai Hawija sejak Kamis lalu.

Kota ini sekaligus menjadi pusat populasi terakhir yang dipegang ISIS di Irak, selain hamparan Lembah Efrat di perbatasan Suriah.

Baca: Teroris ISIS di Balik Tragedi Las Vegas, Apa Komentar Presiden Trump?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.