Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

California Dilanda Kebakaran Besar, 10 Orang Tewas

Kompas.com - 10/10/2017, 10:16 WIB

NAPA, KOMPAS.com – Lebih dari selusin titik kebakaran yang begitu cepat menjalar telah melanda negara bagian California, AS, sehingga 10 orang tewas dan ratusan rumah ludes.

Otoritas California, Senin (9/10/2017) waktu setempat, melaporkan, didorong tiupan angin berkecepatan 80 km per jam, kobaran api membuat lebih dari 20.000 orang dievakuasi.

Dinas Kebakaran California mengatakan, sekitar 30.000 hektar lahan ludes terbakar, sebagaimana dilaporkan kantor berita Perancis, AFP, Selasa ini.

Menurut kepolisian Sonoma County, California, ada tujuh kematian akibat kebakaran terbaru di wilayah itu. Keseluruhan ada 10 orang tewas karena sebelumnya sudah tiga orang tewas.

Baca: Kebakaran Hutan di California, Ratusan Warga Dievakuasi

Sedikitnya 1.500 bangunan hancur akibat kebakaran tersebut. Otoritas negara bagian telah mengumumkan darurat bencana kebakaran, terutama di tiga daerah produsen anggur.

Ada 14 titik kebakaran skala besar yang melanda daerah Napa, Sonoma, dan  Yuba, sebagaimana dilaporkan Gubernur California, Jerry Brown. Tiga daerah itu berada di utara San Francisco Bay.

Menurut koresponden AFP, terjadi sejumlah ledakan pipa gas dan tangki gas di daerah Santa Rosa yang dipicu kobaran api.

Sekitar 410 petugas kebakaran sedang bekerja untuk menjinakkan api Mendocino, kata juru bicara kepolisian setempat kepada televisi CBS.

Baca: Kebakaran Hutan Meluas di Amerika Serikat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com