Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanker Hongkong dan Kapal China Bertabrakan, 5 Tewas dan 7 Hilang

Kompas.com - 06/10/2017, 12:00 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Lima orang tewas dan tujuh lainnya hilang, setelah sebuah kapal berbendera China bertabrakan dengan tanker minyak Hongkong di wilayah perairan Jepang sebelah barat Kamis kemarin.

Otoritas penjaga pantai mengatakan, lima mayat tersebut ditemukan pada hari Jumat (6/10/2017), atau satu hari setelah kecelakaan.

"Kami menemukan lima mayat di dalam kapal, dan kami masih melanjutkan operasi pencarian dan penyelamatan kami untuk tujuh orang yang masih hilang."

Demikian penuturan seorang pejabat di otoritas penjaga pantai Jepang kepada kantor berita AFP.

Baca: Serangan Siber Penyebab Tabrakan Kapal-kapal Perang AS di Asia?

Tabrakan itu terjadi 400 kilometer di sebelah utara Kepulauan Oki di Laut Jepang, yang juga dikenal dengan nama Laut Timur.

Kapal China, berbobot 290 ton "Lurong Yuanyu 378", mengangkut 16 awak kapal. Sudah ada empat awak yang berhasil diselematkan.

Sementara, kapal Hongkong diidentifikasi sebagai kapal "Brightoil Lucky", sebuah kapal tanker berbobot 63.294 ton, dan 21 awak kapal.

Seluruh kru kapal tanker tersebut dipastikan aman. 

Jepang mengerahkan tiga kapal patroli untuk mencari kru yang hilang, setelah menerima permohonan bantuan dari kapal China tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com