Kompas.com - 04/10/2017, 06:58 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

LONDON, KOMPAS.com - OtoritasGereja Anglikan mendisiplinkan cabangnya di Skotlandia yang memutuskan untuk mengizinkan pasangan sejenis menikah di gereja.

Gereja Episkopal Skotlandia (SEC) memilih pada bulan Juni untuk mengubah aturan tentang pernikahan. Referensi bahwa pernikahan hanya untuk pasangan pria dan wanita telah dihapus.

Episkopal merujuk pada suatu bentuk tata kelola Gereja yang bersifat hierarkis, di mana pemimpin otoritas setempatnya disebut uskup.

Perubahan terbaru itu mengakibatkan berlangsungnya pernikahan gay pertama di gereja Anglikan di Edinburgh pada bulan lalu. Demikian dilaporkan media di Inggris.

Baca: Menyaksikan Pernikahan Resmi Pertama Kaum Gay di Jerman...

"Saya menyadari bahwa keputusan ini adalah salah satu yang menyebabkan beberapa luka dan kemarahan di sebagian komuni Anglikan."

Hal itu dikatakan Mark Strange, Kepala SEC, dalam pertemuan para pemimpin Anglikan di Katedral Canterbury di Inggris, seperti dikutip AFP.

Selanjutnya, Strange mengaku telah mengantisipasi jatuhnya sanksi seperti yang dialami cabang gereja Anglikan di Amerika Serikat pada bulan Januari 2016.

Disebutkan, cabang gereja di AS itu pun menyetujui upacara untuk pernikahan sesama jenis.

Gereja episkopal AS itu dilarang selama tiga tahun untuk mewakili gereja Anglikan pada badan ekumenis dan antar agama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.