Kompas.com - 03/10/2017, 22:42 WIB
EditorPascal S Bin Saju

OXFORD, KOMPAS.com - Otoritas kota Oxford di Inggris memutuskan untuk mencabut gelar kehormatan Aung San Suu Kyi karena dianggap tak berbuat banyak untuk mengatasi krisis Rohingya di Rakhine.

Pemimpin de facto Myanmar itu menerima gelar kehormatan Freedom of Oxford pada 1997 sebagai penghargaan atas “perjuangannya yang tak kenal lelah untuk menegakkan demokrasi”.

Namun. mosi yang didukung oleh Dewan Kota Oxford menilai bahwa ia tidak layak lagi menyandang gelar kehormatan tersebut.

Pejabat Kota Oxford, Bob Price, mengatakan bukti-bukti yang disampaikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat Suu Kyi tak lagi berhak menerima gelar itu.

Gelar Freedom of Oxford adalah penghargaan yang sebelumnya diberikan atas perjuangan Suu Kyi menegakkan demokrasi.

Baca: Diam atas Krisis Rohingya, Apakah Hadiah Nobel Suu Kyi Akan Dicabut?

Gelar ini secara resmi akan dicabut pada November, namun para anggota dewan kota menegaskan bahwa keputusan pencabutan gelar bisa dibatalkan jika Suu Kyi melakukan tindakan untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Rakhine.

Oxford memiliki kedekatan dengan Suu Kyi karena di kota ini ia mengambil jurusan filsafat, politik dan ekonomi di Universitas Oxford pada 1964 hingga 1967.

Ia menikah dengan peneliti masalah Tibet dan Himalaya di Universitas Oxford, Michael Aris, pada 1972 dan tinggal di kota ini selama beberapa waktu bersama dua anaknya, Kim dan Alexander.

Suu Kyi dikecam karena dianggap gagal memerintahkan militer agar menghentikan kekerasan di Rakhine atau mengatasi krisis kemanusiaan Rohingya, yang mendorong petisi agar Hadiah Nobel Perdamaian untuk dirinya juga dibatalkan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.