Kompas.com - 03/10/2017, 18:45 WIB
EditorPascal S Bin Saju

COX'S BAZAR, KOMPAS.com –  Lebih dari 10.000 warga Muslim Rohingya di Myanmar telah berkumpul di dekat perbatasan dengan Banglades.

Gelombang pengungsian terbaru ini terjadi karena mereka mengalami krisis pangan pascakekerasan senjata 25 Agustus dan khawatir akan serangan susulan dari Myanmar.

Kantor berita Agence France-Presse (AFP), Selasa (3/10/2017) melaporkan, lebih dari 10.000 Muslim Rohingya berkumpul di sebuah persimpangan di wilayah perbatasan Myanmar dengan Banglades.

Menurut Media lokal, Selasa ini, ribuan warga dari etnis minoritas Rohingya itu bersiap untuk bergabung dalam eksodus besar-besaran menuju Banglades.

Gelombang pengungsian terbaru ini terjadi akibat kekurangan pangan dan ketakutan akan serangan di permukiman mereka di Rakhine, Myanmar.

Lebih dari 500.000 orang Rohingya telah masuk ke Banglades dalam lima minggu terakhir, tak lama setelah kelompok gerilyawan Rohingya menyerang lebih dari 30 pos keamanan Myanmar.

Baca: Warga Rohingya di Banglades Sudah Lebih dari 700.000 Orang

Terus meningkatnya gelombang pengungsian etnis Rohingya ke Banglades dan potensi pemberontakan yang besar, menimbulkan keraguan tentang kepraktisan rencana Myanmar untuk mulai memulangkan kembali etnis Rohingya itu.

Separuh populasi Rohingya di negara bagian Rakhine di Myanmar  utara telah meninggalkan desa-desa mereka dalam beberapa minggu.

Lebih banyak melarikan diri karena rasa tidak aman terus menghantui mereka, selain ancaman kekerasan senjata juga karena konflik sektarian dengan warga lokal yang mayoritas Buddhis.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.