Kompas.com - 29/09/2017, 14:50 WIB
EditorPascal S Bin Saju

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, Kamis (28/9/2017) menyerukan perlunya tindakan segera demi atasi krisis Rohingya.

Langkah cepat harus dilakukan agar situasi yang semakin memburuk di Rakhine dapat dihentikan lebih awal.

Krisis Rohingya telah menyebabkan lebih dari setengah juta warganya, yang kebanyakan warga Muslim, telah melarikan diri ke Banglades dalam bulan ini.

Baca: Akhirnya, Aung San Suu Kyi Mau Bicara Soal Krisis Rohingya

“Situasi berubah cepat menjadi situasi darurat pengungsian; situasi kemanusiaan dan hak-hak asasi manusia yang buruk,” kata Guterres dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York.

Dalam bulan ini, DK PBB sudah membahas situasi ini tiga kali dalam rapat tertutup.

Namun, sesi pada Kamis waktu setempat di New York, merupakan yang pertama sejak 2009, di mana badan dunia itu membahas Myanmar secara terbuka.

Guterres menyerukan penghentian operasi militer, membuka akses bantuan, dan pemulangan secara aman dan sukarela pengungsi dari daerah asal mereka.

Guterres dan Kepala Urusan HAM PBB mengungkapkan keprihatinan mereka dan menyebut kejadian di Rakhine merupakan pembersihan etnis. 

Baca: PBB Diminta Ambil Langkah Konkret Hentikan Krisis Rohingya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.