Kompas.com - 24/09/2017, 07:43 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) secara bulat memutuskan untuk menyelidiki pembantaian dan kekejaman yang dilakukan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Irak.  

Fokus penyelidikan antara lain adalah pembantaian dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan gerombolan teroris itu kepada warga minoritas Yazidi.

Setelah penyelidikan, mereka yang bertanggung jawab akan diajukan ke mahkamah perang, demikian antara lain isi resolusi yang dirancang oleh Inggris tersebut.

Pengacara HAM internasional dan aktivis yang mendampingi perempuan Yazidi, Amal Clooney, hadir dalam pembahasan resolusi, dan menyambut baik langkah PBB.

"Ini adalah kemenangan bagi para korban ISIS yang telah lama berjuang mendapatkan keadilan," kata Amal Clooney, yang adalah istri aktor Hollywood, George Clooney.

Saat itu, dia hadir bersama perempuan Yazidi, Nadia Murad, yang pernah disekap dan dijadikan sebagai budak seks oleh milisi ISIS.

Baca: Nadia Murad, Wanita Korban Teroris ISIS Siapkan Sebuah Buku

"Dewan Keamanan PBB mengirim pesan yang sangat kuat bahwa ISIS tidak bisa lagi melakukan genosida, melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan tanpa impunitas," kata Clooney.

"Di tataran praktis, PBB akan membentuk tim penyelidik internasional yang akan mengumpulkan bukti-bukti kejahatan atau kekejaman yang dilakukan ISIS terhadap warga Yazidi," tambahnya.

Nadia Murad mengatakan, masih banyak pelaku kekejaman yang bebas, yang lepas dari proses hukum.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.