Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daki Gunung Pakai Celana Dalam demi Nenek, Remaja Ini Kena Hipotermia

Kompas.com - 19/09/2017, 16:11 WIB

CARDIFF, KOMPAS.com - Seorang pemuda, Nathan French (19), menaklukkan gunung Snowdon – puncak tertinggi di Wales, Inggris Raya – tanpa mengenakan apa-apa kecuali celanda dalam.

Orang-orang yang ingin mendaki gunung Snowdon disarankan untuk mengenakan penutup badan yang memadai setelah seorang remaja menderita hipotermia usai mencapai puncak gunung itu dengan hanya mengenakan celana dalam.

The Guardian, Senin (18/9/2017) melaporkan, Ambulans dipanggil setelah remaja dari Halewood di Merseyside, Wales itu menjadi kurang sehat saat menjejakkan kakinya di puncak tertinggi di Wales pada ketinggian 1.085 meter di atas permukaan laut itu.

Baca: Khansa Syahlaa, Pendaki Gunung Carstensz Termuda di Dunia

French, yang hanya mengenakan celana dalam ala Superman, mendaki untuk mengumpulkan uang bagi dana amal “Dementia UK” demi neneknya yang mengalami demensia – suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. 

Ketika petugas layanan darurat tiba dan merawatnya, Frech dalam kondisi tidak sehat. Paramedis menemukan gula darah dan tekanan darahnya turun dan dia mulai menderita hipotermia.

Miles Hill dari tim penyelamatan gunung Llanberis mengatakan, hasilnya bisa saja jauh lebih buruk. "Di samping bersimpati pada penggalangan dana amal untuk tujuan yang sangat mulia, kita mempertanyakan perencanaan dan meragukan ketahanannya di atas gunung."

Hill mengatakan, bahkan pada puncak musim panas, suhu udara di puncak Snowdon bisa mencapai 10 Celsius, lebih dingin dari Llanberis.

Baca: Sakit, Pendaki Perempuan Ini Tertahan di Gunung Tertinggi Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com