Kompas.com - 15/09/2017, 15:50 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte bakal mengumumkan status darurat militer secara nasional, jika rencana protes dari kubu komunis dan kelompok sayap kiri lain terhadap pemerintahannya berubah menjadi aksi kekerasan atau mengancam negara.

"Presiden mengatakan, 'jika kubu sayap kiri yang akan melakukan demonstrasi besar-besaran, mulai pembakaran di jalanan, dan mengganggu negara, maka saya mungkin (mengumumkan darurat militer)'."

Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana kepada wartawan, Jumat (15/9/2017), mengutip percakapannya dengan Duterte minggu ini.

Baca: Perang Duterte Vs Trillanes, Hancurkan atau Dihancurkan...

"Menurut pendapat saya, perkiraan saya kemungkinan kejadian ini sangat jauh. Tapi Presiden memang sangat khawatir, karena mungkin bisa lepas kendali. Jadi dia berkata, 'saya mungkin akan mengumumkan darurat militer'."

Komentar tersebut memicu kekhawatiran dari para kritikus bahwa Duterte akan menyeret Filipina kembali ke era pemerintahan otoriter.

Hal itu telah dimulai ketika Duterte melancarkan perang mematikan terhadap penggunaan dan peredaran obat-obatan terlarang.

Kini, tiga dekade setelah revolusi "people power" yang menggulingkan diktator Ferdinand Marcos, kekhawatiran terulangnya era itu muncul kembali.

Baca: Remaja 17 Tahun Ditembak Terkait Narkoba, Picu Protes terhadap Duterte

Seperti diberitakan AFP, sebuah kelompok koalisi yang menamakan diri "Gerakan Melawan Tirani" telah mengumumkan rencana demonstrasi pada 21 September.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.