Kompas.com - 13/09/2017, 15:51 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah layanan rumah duka di Jepang menawarkan sebuah konsep baru berupa metode melayat "drive-thru".

Dengan konsep ini, para pelayat tak perlu meninggalkan kenyamanan di dalam mobil, dengan turun dan memberikan penghormatan kepada kerabat mereka yang berpulang.

Mereka cukup berdiam di dalam mobil yang mengantar mereka ke dekat jenasah dan bisa memberikan penghormatan.

Perusahaan yang menawarkan layanan ini mengklaim bahwa layanan "drive-thru" ini adalah yang pertama di Jepang.

Dengan populasi warga tua yang kian membengkak di Jepang, maka angka kematian pun akan mengikutinya. Bisnis "kematian" menjelma menjadi usaha yang menjanjikan.

Baca: Anda Berminat? Batu Nisan Digital Ukuran 48 Inci, Seharga Rp 42 Juta

Kaum manula yang hendak melayat dapat menuliskan nama mereka melalui sebuah piranti digital berbentuk tablet layar sentuh.

Kemudian mereka bisa mengajukan pemberian dupa tradisional, yang semuanya dilakukan hanya dengan menurunkan kaca jendela mobil.

Semua proses yang dilakukan di layar sentuh itu, diteruskan kepada pembawa acara di rumah duka untuk disaksikan bersama-sama.

Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat layanan pemakaman, dan juga memberi keluarga yang lemah kesempatan untuk berpartisipasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.