Kompas.com - 12/09/2017, 17:38 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BEIJING, KOMPAS.com - Cabang-cabang dari bank-bank terbesar di China telah menghentikan transaksi keuangan untuk warga Korea Utara.

Informasi ini diperoleh AFP berdasarkan kesaksian dari lingkungan di dalam bank tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa Beijing telah menerapkan tindakan yang lebih keras terhadap sekutu senjata nuklirnya, daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Staf di cabang-cabang di Beijing dan kota perbatasan Yanji -sebuah pusat perdagangan dan transportasi utama antara kedua negara, mengatakan, bank mereka telah melarang orang Korut membuka rekening baru.

Beberapa bank bahkan sudah mulai menutup rekening yang sudah ada. 

Pembatasan tersebut diberlakukan sebelum Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dengan suara bulat -termasuk China, merestui sanksi baru terhadap Pyongyang.

Sanksi baru tersebut disepakati pada Senin (11/9/2017), menyusul uji coba nuklir terakhir dan terbesar Korut yang mengundang kecaman dunia.

Karyawan di setidaknya empat bank terbesar di Chinia, -Industrial and Commercial Bank of China, Agricultural Bank of China, Bank of China, dan China Construction Bank, mengkonfirmasi pembatasan urusan keuangan untuk klien asal Korut.

"Kami telah membekukan rekening mereka, yang berarti mereka tidak dapat menarik (uang)," kata seorang staf di cabang China Construction Bank di Yanji.

"Mereka tidak dapat menggunakan (akun mereka) di Yanji lagi, dan juga layanan kami," kata dia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.