Kompas.com - 12/09/2017, 07:18 WIB
EditorPascal S Bin Saju

GENEVA, KOMPAS.com - Kantor Komisioner Tinggi untuk Pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan, jumlah warga etnis minoritas Rohingya di Rakhine, Myanmar, yang telah melarikan diri ke Banglades telah mencapai 313.000 orang.

Menurut sebuah laporan UNHEC yang dikeluarkan Senin (11/9/2017), jumlah pendatang baru agak berkurang, namun masih banyak yang mencari tempat berlindung dan berkemah di pinggir jalan.

Dikatakan juga di dua komunitas lokal Banglades, komite masjid setempat, pemimpin politik dan tokoh masyarakat menyediakan kebutuhan pokok kepada pendatang baru.

Baca: Kekerasan Mematikan di Rakhine Memburuk, Hampir 100 Orang

Kekerasan tersebut dipicu pada 25 Agustus ketika sebuah kelompok pemberontak etnis Rohingya menyerang lebih dari 20 pos polisi di Myanmar.

Akibat serangan itu, puluhan orang tewas dan terluka. Pasukan keamanan Myanmar pun melakukan tindakan balasan dengan mengerahkan tentaranya dalam jumlah yang besar.

Banyak desa dibakar dan ratusan orang meninggal, terutama Muslim Rohingya. Belum diketahui secara pasti siapa yang melakukan pembakaran dan pembunuhan.

Baca: Myanmar Bunuh Tiga Terduga Militan Rohingya di Rakhine

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.