Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Mesir Bunuh 10 Terduga Militan Sempalan Ikhwanul Muslimin

Kompas.com - 11/09/2017, 06:38 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Polisi Mesir, Minggu (10/9/2017), menggerebek dua apartemen yang berdekatan, yang digunakan sebagai tempat persembunyian anggota sebuah faksi sempalan kelompok terlarang Ikhwanul Muslimin.

Dalam penggerebekan itu, 10 orang tewas dalam sebuah baku tembak, kata para pejabat keamanan seperti dilaporkan Voice of America.

Baku tembak itu berlangsung di distrik Ard el-liwa yang padat penduduknya di Kairo dan mencederai lima polisi, kata para pejabat.

Ditambahkan, salah seorang militan tewas sewaktu bom yang akan ia gunakan untuk melawan polisi meledak sebelum waktunya, dan membunuhnya seketika.

Baca: Pengadilan Mesir Penjarakan 141 Pendukung Ikhwanul Muslimin

Para pejabat menyatakan para militan itu adalah anggota Hasm, faksi sempalan Ikhwanul Muslimin, yang menarget polisi dan tentara di Kairo selama setahun belakangan dalam serangkaian serangan berani.

Polisi menemukan di kedua apartemen itu bahan-bahan pembuat bom, senapanserbu dan amunisi, peta instalasi-instalasi penting Mesir serta komputer yang menyimpan instruksi dan rincian serangan mendatang, jelas polisi.

Para pejabat itu berbicara secara anonym karena tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Sebelumnya, juga Minggu yang sama, kantor berita resmi Mesir MENA menyatakan sembilan militan tewas dan lima polisi cedera dalam penggerebekan itu.

Mesir sedang berjuang mengatasi pemberontakan yang dipimpin kelompok afiliasi lokal Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) yang berbasis di Semenanjung Sinai dan faksi-faksi Ikhwanul seperti Hasm, yang menarget aparat keamanan di Kairo.

Baca: Mesir Klaim Ungkap 44 Sel Teror Terkait Ikhwanul Muslimin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com