Kompas.com - 08/09/2017, 14:41 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Gempa besar 8,4 magnitudo menghantam Meksiko selatan, Kamis menjelang tengah malam waktu setempat.

Bencana ini menewaskan sedikitnya dua orang, dan muncul pula peringatan tsunami terkait gempa tersebut. 

Guncangan gempa melanda lepas pantai di Pasifik, sekitar 120 kilometer barat daya Kota Tres Picos di negara bagian Chiapas.

Updated: Inikah Gempa Terbesar dalam Sejarah Meksiko?

Demikian penjelasan yang dikutip AFP dari laman Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Jumat WIB (8/9/2017).

Berbeda dengan USGS yang menyebut gempa mencapai 8,1 magnitudo, Dinas seismologi Meksiko menyebutkan gempa mencapai 8,4 magnitudo.

Jika angka tersebut akurat, maka gempa tersebut akan menjadi yang paling besar yang pernah terjadi di negara rawan gempa itu.

Dua korban tewas akibat terkena runtuhan bangunan di Chiapas. Keterangan ini disampaikan pejabat setempat dan Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Angel Osorio Chong.

Gempa tersebut mengguncang wilayah yang amat besar dan getaran terasa sejauh 1.000 kilometer dari pusat gempa ke arah utara Meksiko.

Warga setempat yang merasakan guncangan di tengah istirahat malam mereka, dilaporkan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.