Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Kembali Bersiap untuk Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua

Kompas.com - 04/09/2017, 19:20 WIB

SEOUL, KOMPAS.com –  Setelah sukses dengan uji coba nuklir keenam pada Minggu (3/9/2017), Korea Utara  kini sedang bersiap meluncurkan kembali rudal balistik antarbenua.

Para komandan militer Korea Selatan, Senin (4/9/2017), menyebutkan, peluru kendali  (rudal) balistik yang dipersiapkan itu “kemungkinan besar” adalah untuk antarbenua (ICBM), demikian laporan The Independent.

Setiap uji coba misil dan senjata nuklir memberikan Pyongyang informasi sangat berharga dan memungkinan negara komunis itu meraih kemajuan pesat dalam soal kemampuan persenjataannya.

Kementerian Pertahanan Korsel juga mengukur kemampuan kapasitas bom dalam uji coba terbaru kemarin, adalah seberat 50 kilo ton, demikian laporan kantor berita resmi Korsel, Yonhap.

Peledakan bom seberat itu, yang menyebabkan getaran seismig bermagnitudo 6,3, merupakan yang paling dasyat yang pernah dilakukan Korut,  yang diklaim sebagai bom hidrogen.

Baca: Korut Umumkan Kesuksesan Uji Coba Bom Hidrogen Berdaya 100 Kiloton

Kementerian tersebut juga mengatakan dalam dengar pendapat di parlemen bahwa tampaknya Korut juga sedang bersiap untuk meluncurkan rudal-rudal balistik berikutnya, yang kemungkinan akan termasuk dengan rudal balistik antarbenua (ICBM).

"Kami terus melihat tanda-tanda peluncuran rudal balistik yang mungkin akan lebih banyak lagi. Kami juga meramalkan bahwa Korut dapat menembakkan rudal balistik antarbenua," kata Chang Kyung-soo, seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel di Seoul.

Kementerian pertahanan dipanggil oleh parlemen pada Senin (4/9/2017) ini untuk memberikan keterangan seputar uji coba nuklir keenam Korut yang dilakukan sehari sebelumnya.

Menyusul peringatan dari Amerika Serikat ke Korut tentang akan ada pembalasan besar-besaran untuk Korut, militer Korsel pun menembak sebuah rudal ke laut dalam sebuah simulasi seraengan terhadap lokasi uji coba nuklir Korut yang sudah enam kali melakukan uji coba senjata nuklirnya.

Baca: Kim Jong Un Tinjau Pengembangan Bom Hidrogen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com