Kompas.com - 31/08/2017, 16:12 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

HEBRON, KOMPAS.com - Otoritas Israel menutup sebuah stasiun radio Palestina Al-Hurria di wilayah Tepi Barat.

Kabar ini disampaikan sumber di pihak militer Israel dan juga di kalangan pengelola stasiun radio itu, Kamis 931/8/2017).

Stasiun Al-Hurria di Kota Hebron, ditutup karena disebut menyebarkan siaran yang menghasut kekerasan dan mendorong terorisme.

Demikian keterangan seorang Jurubicara militer Israel kepada kantor berita AFP, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Baca: 5 Kerabat Pemuda Palestina yang Bunuh 3 Warga Yahudi Juga Dipenjara

Sementara, sebuah sumber di stasiun radio tersebut mengatakan, peralatan teknis di dalam stasiun itu telah disita, dalam sebuah serangan ke tempat tersebut.

Selama ini, tentara Israel memang kerap bertindak keras kepada media yang dituduh mendorong pemuda Palestina untuk mengangkat senjata dan melawan pasukan Israel di Tepi Barat.

Al-Hurria, yang berarti kebebasan dalam bahasa Arab, adalah satu dari dua saluran yang juga ditutup selama enam bulan pada bulan November 2015. Kala itu baru dimulai gelombang kekerasan baru di Israel-Palestina.

Kerusuhan tersebut terus berlanjut hingga menewaskan lebih dari 294 orang Palestina atau pun warga Arab Israel.

Selain itu, tercatat ada 47 orang Israel, dua warga Amerika Serikat, dua warga Yordania, serta seorang warga Eritrea, seorang Sudan, dan seorang warga Inggris, yang juga tewas. 

Pihak berwenang Israel mengatakan, sebagian besar warga Palestina yang terbunuh melakukan serangan menggunakan pisau, senjata api, atau pun mobil.

Sementara, korban lain ditembak mati dalam demonstrasi dan bentrokan. Juga ada yang tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Baca: Mahmoud Abbas Ubah Istana Presiden Palestina Jadi Perpustakaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.