Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Penangkapan Anggota Yakuza, Seekor Anjing Diberi Penghargaan

Kompas.com - 29/08/2017, 22:00 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Seekor anjing milik Kepolisian Kota Tokyo, Jepang, Senin (28/8/2017), menerima penghargaan dari Departemen Kepolisian Metropolitan.

Anjing jenis Labrador Retriever berusia 3 tahun, bernama Moon Rocket itu dianggap berjasa menemukan sebuah senjata yang menjadi bukti untuk penangkapan anggota sindikat kejahatan.

Diberitakan laman Kyodo News, Moon Rocket menerima penghargaan dari Inspektur Jenderal.

Moon Rocket dianggap berjasa menemukan pistol dan peluru yang tersembunyi di bawah lantai rumah anggota yakuza di Prefektur Saitama, dalam penggerebekan di bulan Juli lalu.

Yakuza adalah kelompok sindikat kejahatan tradisional Jepang yang melakukan berbagai aksi atau kegiatan dengan cara dan hukum mereka sendiri.

Bagi jajaran Kepolisian Jepang, penghargaan untuk anjing adalah yang pertama kali terjadi.

Baca: Tahanan Dipaksa Telanjang dan Bertarung Layaknya Anjing

Dalam sebuah upacara yang diadakan di Markas Kepolisian Kota Tokyo, Isao Sato, asisten inspektur berusia 57 tahun yang bertugas melatih anjing di unit identifikasi, menerima sertifikat atas nama Moon Rocket.

"Saya melihat ke depan untuk kesuksesan lebih lanjut dalam pekerjaannya," kata Takatoshi Kamijo, Kepala Divisi Kejahatan Terorganisasi Kepolisian Kota Tokyo.

Moon Rocket adalah anjing polisi "hybrid" yang mampu mencari senjata api dan obat-obatan terlarang.

Dalam sebuah penyelidikan terpisah di bulan Mei, dia juga menemukan dua senjata api dan peluru di sebuah taman di Edogawa Ward, Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com