Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Syiah di Kabul Kembali Jadi Sasaran Serangan Bom

Kompas.com - 25/08/2017, 20:06 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri dan orang-orang bersenjata menyerang sebuah masjid Syiah di Kabul, ibu kota Afganistan, Jumat (25/8/2017).

Para saksi mata melaporkan, terjadi serangan besar sehingga para jemaah panik. Mereka lari tunggang-langgang dengan terlebih dahulu memecahkan kaca jendela masjid agar bisa keluar.

Lebih dari 10 ambulans mendatangi di lokasi kejadian dan puluhan aparat keamanan mengepung masjid tersebut, di daerah perumahan di bagian utara kota.

Jurubicara polisi Kabul, Abdul Basir Mujahid, mengatakan, seorang pembom bunuh diri "meledakkan dirinya di dalam masjid".

Ia juga  menambahkan, ada korban jiwa namun tidak dapat mengkonfirmasi jumlah korban

Baca: Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah, Puluhan Orang Tewas

Seorang juru bicara kementerian dalam negeri mengatakan kepada media bahwa setidaknya dua petugas polisi telah terbunuh.

Seorang pejabat kementerian kesehatan mengkonfirmasi setidaknya dua orang telah tewas dan 11 lainnya cedera, tanpa menyebutkan apakah mereka warga sipil atau aparat.

Orang-orang berkumpul di luar masjid, yang diyakini telah dipenuhi oleh jamaah yang sedang shalat.

"Saudara-saudara kami telah terjebak di dalam masjid ... Kami yakin mereka telah disandera oleh orang-orang bersenjata," kata seorang warga.

"Kami sangat mencemaskan keselamatan mereka dan semoga Allah menolong kita dan menyelamatkan orang-orang yang kita cintai itu," ujarnya lagi.

Baca: Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah Kabul, 27 Tewas

Serangan itu menggarisbawahi keresahan tentang semakin mengguritanya kekerasan di Afganistan, negara yang telah menjadi medan perang yang melibatkan Taliban dan kini masuknya kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com