Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangi Taliban, Trump Putuskan Tambah Jumlah Tentara AS di Afganistan

Kompas.com - 22/08/2017, 09:30 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis menegaskan, Amerika Serikat bersama negara sekutunya, berkomitmen menambah jumlah pasukan di Afganistan.

Kepastian ini diungkapkan Mattis setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan sebuah pidato di Washington, Senin watu setempat (Selasa WIB, 22/8/2017).

Pejabat senior Gedung Putih mengatakan, Presiden Trump telah mengizinkan Mattis untuk mengirim 3.900 tentara lagi ke Afganistan.

"Saya telah mengarahkan Ketua Gabungan Kepala Staf untuk membuat persiapan demi menjalankan strategi presiden ini," kata Mattis, seperti dikutip AFP.

"Saya akan berkonsultasi dengan Sekretaris Jenderal NATO dan sekutu kita -beberapa di antaranya juga telah berkomitmen juga untuk meningkatkan jumlah pasukan mereka," kata Mattis.

Baca: Menanti Titah Presiden Trump soal Strategi Baru AS di Afganistan

Sekarang ada sekitar 8.400 tentara AS dan 5.000 tentara NATO yang mendukung pasukan keamanan Afganistan dalam perang melawan Taliban dan teroris lainnya.

Namun situasi tetap membahayakan. Tercatat lebih dari 2.500 polisi dan tentara Afganistan terbunuh sejak 1Januari- 8 Mei 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com