Kompas.com - 22/08/2017, 09:30 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis menegaskan, Amerika Serikat bersama negara sekutunya, berkomitmen menambah jumlah pasukan di Afganistan.

Kepastian ini diungkapkan Mattis setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan sebuah pidato di Washington, Senin watu setempat (Selasa WIB, 22/8/2017).

Pejabat senior Gedung Putih mengatakan, Presiden Trump telah mengizinkan Mattis untuk mengirim 3.900 tentara lagi ke Afganistan.

"Saya telah mengarahkan Ketua Gabungan Kepala Staf untuk membuat persiapan demi menjalankan strategi presiden ini," kata Mattis, seperti dikutip AFP.

"Saya akan berkonsultasi dengan Sekretaris Jenderal NATO dan sekutu kita -beberapa di antaranya juga telah berkomitmen juga untuk meningkatkan jumlah pasukan mereka," kata Mattis.

Baca: Menanti Titah Presiden Trump soal Strategi Baru AS di Afganistan

Sekarang ada sekitar 8.400 tentara AS dan 5.000 tentara NATO yang mendukung pasukan keamanan Afganistan dalam perang melawan Taliban dan teroris lainnya.

Namun situasi tetap membahayakan. Tercatat lebih dari 2.500 polisi dan tentara Afganistan terbunuh sejak 1Januari- 8 Mei 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.