Kompas.com - 21/08/2017, 18:44 WIB
EditorPascal S Bin Saju

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) telah mengecam keputusan Australia untuk berpartisipasi dalam latihan militer bersama dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel).

Rezim Korut menyebutkan keputusan Australia itu sebagai sebuah "aksi bunuh diri".

Ribuan personil militer AS dan Korsel memulai latihan militer tahunan, Senin (21/8/2017). Latihan itu akan mencakup keterlibatan Australia dalam latihan simulasi komputer.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pada Sabtu (19/8/2017), kantor berita resmi Korut, KCNA, mengatakan, pemerintah Australia harus fokus untuk menjaga perdamaian negaranya sendiri.

Tidak seharusnya  Australia memilih untuk bergabung dengan AS dalam upaya menuju perang nuklir.

Baca: Meski Dikecam Korut, AS dan Korsel Tetap Gelar Latihan Perang

Korut menggambarkan langkah Australia sebagai “aksi bunuh diri”, mengundang bencana dan "sebuah ilustrasi ketidakdewasaan politik yang tidak menyadari keseriusan situasi saat ini”.

"Australia mengikuti AS menuju Perang Korea, Perang Vietnam dan 'perang melawan terorisme', namun kehilangan nyawa dan aset adalah akibatnya," demikian bunyi sebuah terjemahan dari pernyataan tersebut.

"Negara-negara seperti Australia yang bergabung dalam aksi militer melawan DPRK (Korut), yang secara membabi-buta mengikuti AS, takkan pernah bisa menghindari tindakan balasan dari DPRK."

Pencegah agresi Korut

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.