Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Bangun Stadion Piala Dunia 2022 Berbentuk Kopiah Arab

Kompas.com - 21/08/2017, 17:34 WIB

DOHA, KOMPAS.com –  Pemerintah Qatar akan membangun sebuah stadion sepak bola yang berbentuk seperti kopiah Arab untuk Piala Dunia 2022, kata panitia penyelenggara.

Negara Teluk ini memulai berbagai persiapan untuk turnamen tersebut di tengah pertikaian diplomatik dengan negara-negara tetangganya.

Arab Saudi, Mesir, Bahrain, dan Uni Emirat Arab memberlakukan sanksi kepada Qatar – sesama negara sekutu Amerika Serikat – pada Juni 2017 dan memutus semua jalur transportasi dengan negara tersebut.

Empat negara tersebut menuduh Qatar mendukung kegiatan terorisme. Qatar sendiri menolak semua tuduhan tersebut.

 

Baca: Qatar Alami Krisis Diplomatik, Bagaimana Nasib Piala Dunia 2022?

 

Untuk mengatasi pemboikotan, Qatar mengimpor makanan dari Turki dan Iran serta menyewa kapal-kapal melalui Oman untuk membawa bahan-bahan konstruksi yang diperlukan untuk proyek Piala Dunia.

Turnamen ini menjadi strategi utama untuk mendorong Qatar ke panggung global melalui olahraga.

Stadion Al Thumama yang dirancang oleh arsitek Qatar membentuk kopiah rajutan tradisional Arab atau yang disebut “gahfiya” akan menampung 40.000 penonton di pertandingan perempat final Piala Dunia, kata panitia dalam pernyataannya.

“Desain simbolis ini melambangkan segalanya yang mempersatukan kami sebagai bangsa Arab dan Muslim dan penghormatan yang sesuai untuk Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Timur Tengah,” kata Hassan al-Thawadi, Ketua Panitia Qatar 2022.

Baca: Simaklah, 10 Pemicu Krisis Diplomatik di Qatar

Lokasi in menjadi satu dari setidaknya delapan stadion yang dibangun Qatar beserta sebuah pelabuhan baru dan sistem transportasi metro.

Proyek-proyek ini adalah bagian dari perbaikan infrastruktur senilai 200 miliar dolar.

Qatar telah menepis laporan bahwa sanksi-sanksi yang dikenakan oleh negara-negara Arab telah merugikan sektor pariwisata dan menurunkan tingkat hunian hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com