Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Serangan Teror Beruntun, Mengapa Spanyol Jadi Sasaran?

Kompas.com - 18/08/2017, 21:16 WIB

KOMPAS.com - Spanyol mengalami dua serangan mobil dalam waktu yang berdekatan. Aksi mobil berkecepatan tinggi yang menabrak kerumunan orang di Barcelona dan Cambrils pun disebut sebagai aksi terorisme.

Serangan pertama di kawasan Las Ramblas yang padat wisatawan di Barcelona, terjadi pada Kamis (17/8/2017) sekitar pukul 16.50 waktu setempat.

Dilaporkan, seorang sopir mengendarai mobilnya dengan kecepatan tinggi sambil menyetir zig-zag untuk menabrak para pejalan kaki sebanyak mungkin.

Sebanyak 13 orang tewas, sementara 100 lebih lainnya cidera. Pelakunya pun dikabarkan berhasil kabur. 

Sekitar delapan jam kemudian, sebuah mobil Audi A3 menabrak kawasan kawasan pejalan kaki di kawasan wisata pantai, Cambrils, sekitar 110 kilometer di barat daya Barcelona.

Seorang perempuan meninggal setelah menderita cidera, sementara dan enam lainya -termasuk seorang polisi- juga terluka akibat seragan ini.

Polisi menembak mati lima penyerang yang mengenakan sabuk bunuh diri walau belakangan diketahui merupakan sabuk yang dikenakan tidak berisi bahan peledak.

Berapa orang yang sudah ditangkap?

Seorang pria dari Melilla -kantung pemukiman warga Afrika utara di Spanyol, ditangkap bersama dengan seorang pria kelahiran Maroko, tak lama setelah serangan di Barcelona.

Polisi mengatakan keduanya bukan sopir dari mobil barang itu, yang dipinjam atas nama Driss Oubakir, pria asal Maroko berusia 28 tahun -salah satu yang ditangkap yang fotonya sudah diumumkan.

Laporan-laporan media menyebutkan, dokumen milik Oubakir dicuri dan digunakan untuk meminjam mobil barang yang menabrak kerumunan orang di Las Ramblas.

Koran El Pais -berdasarkan sumber kepolisian, menyebut bahwa Oubakir tiba dari Maroko pada tanggal 13 Agustus.

Adik Driss Oubakir -yang berusia 17 tahun, Moussa Oubakir- sedang dicari terkait dengan serangan Las Ramblas, seperti dilaporkan media Spanyol.

Polisi juga mengumumkan penangkapan lain di Ripoli, dan masih belum jelas berapa orang yang terlibat dalam dua serangan teror ini.

Apakah ada kaitan dengan insiden lainnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com