Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Trump Ungkap Pujian untuk Pemimpin Korut Kim Jong Un

Kompas.com - 16/08/2017, 20:37 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Rabu (16/8/2017) mengungkapkan pujian untuk Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Pujian itu terkait pilihan Un untuk membatalkan rencana untuk menembakkan rudal ke wilayah AS di Pasifik, Guam.

"Kim Jong-Un dari Korea Utara membuat keputusan yang sangat bijaksana dan beralasan. Sebab, alternatifnya pasti sangat buruk, dan tidak dapat diterima!"

Kalimat itu dituliskan Trump di dalam lini masa akun Twitter -nya.

Baca:Kim Jong Un Batalkan Rencana Penembakan Rudal ke Guam

Usai memutuskan untuk "menunda" pelaksanaan ancamannya, Kim Jong Un memperingatkan, langkah yang sangat provokatif akan berlanjut jika tindakan “sembrono” AS tetap berlanjut.

Pembatalan itu dilakukan setelah Kim Jong Un melakukan inspeksi ke tempat persiapan untuk penembakan rudal, dan mempelari peta jalur jelajah rudal menuju Guam.

Kim Jong Un dalam inspeksi pada Senin (14/8/2017) itu, sebagaimana dilaporkan kantor berita resmi Korut, KCNA, itu didampingi oleh para perwira tinggi militernya.

Beberapa analis mengatakan, komentar Kim Jong Un itu membuka jalan untuk mengurangi krisis yang telah meningkat antara dia dan Donald Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com