Kompas.com - 15/08/2017, 21:41 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

TAIPE, KOMPAS.com - Menteri Ekonomi Taiwan Lee Chih-kung mengundurkan diri, Selasa (15/8/2017), setelah terjadi pemadaman listrik besar di seluruh pulau, hingga berdampak kepada 6,68 juta rumah tangga.

Peristiwa ini awalnya terjadi di 17 wilayah akibat kesalahan operasional menyebabkan enam generator berhenti bekerja di pembangkit listrik tenaga gas terbesar Taiwan, di Taoyuan.

Pemadaman listrik pun berimbas hingga pada operasional lampu lalu lintas, hingga terjebaknya warga di dalam lift. 

Badan Kepolisian Nasional Taiwan pun terpaksa mendirikan pusat tanggap darurat untuk memastikan ketertiban setelah peristiwa ini.

Lee Chih-kung memimpin kementerian yang salah satunya bertanggung jawab terhadap pasokan listrik.

Akibat kegagalan itu, dia pun mengajukan pengunduran diri pada Selasa malam, dan langsung disetujui oleh Premier Lin Chuan. 

Demikian keterangan seorang pejabat kabinet, yang dikutip AFP.

Berita ini mencuat beberapa minggu setelah Pemerintah Taiwan mendapat kecaman karena memerintahkan agar penyejuk ruangan di dalam gedung perkantoran dimatikan.

AC harus dipadamkan untuk beberapa jam setiap hari, demi menghemat listrik.

Kekurangan pasokan juga akibat kerusakan menara transmisi akibat bencana topan pada akhir Juli.

Popularitas pemerintah juga memudar karena menggagas kebijakan kontroversial, seperti pemotongan pensiun dan reformasi peradilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.