Kompas.com - 11/08/2017, 06:17 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com –  Sebuah jet Angkatan Udara Rusia melakukan penerbangan observasi rendah di Washington DC dalam misi pengawasan yang disetujui oleh pejabat Amerika Serikat (AS).

Harian Inggris, The Independent , melaporkan, pesawat tanpa senjata milik Rusia itu terbang rendah di atas Gedung Putih, markas Pentagon, dan kantor pusat CIA, Kamis (10/8/2017) waktu setempat atau Jumat (11/8/2017) WIB.

Selain itu, jet tersebut juga terbang di atas Bedminster, New Jersey, tempat Presiden Donald Trump sedang menikmati liburan dalam 17 hari ini.

Pejabat pertahanan AS mengatakan, rute yang pasti yang dilalui pesawat Rusia hanya bisa dikonfirmasi setelah misi tersebut selesai dilakukan.

Atraksi flypast, pada Rabu antara pukul 11.00 hingga 15.00 waktu setempat itu, diizinkan di bawah Perjanjian Udara Terbuka ( Open Skies Treaty) yang telah lama berjalan.

Perjanjian itu bertujuan untuk mencoba mengedepankan transparansi tentang aktivitas militer dan membantu dalam memantau pengendalian senjata.

Baca: Rusia Memulai Inspeksi Udara Wilayah AS

Polisi di gedung Capitol, yakni pasukan keamanan di Kongres AS, memberikan peringatan terlebih dahulu atas sebuah "pesawat yang terbang rendah” itu, yang akan memasuki wilayah udara Washington DC.

"Pesawat itu berukuran besar dan bisa terbang langsung di atas (gedung) Capitol AS," kata pernyataan tersebut.

"Penerbangan ini akan dipantau oleh pusat komando polisi Capitol dan badan pemerintah federal lainnya," tambah pernyataan itu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.