Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Juta Orang di Empat Negara Terancam Kelaparan

Kompas.com - 10/08/2017, 15:30 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Lebih dari 20 juta orang terancam kelaparan di empat negara ini, yakni Yaman, Somalia, Sudan Selatan dan Nigeria timur laut.

Kantor berita Perancis, AFP, mengutip laporan PBB, Rabu (9/8/2017), melaporkan, DK PBB untuk pertama kalinya mengumumkan adanya ancaman kelaparan secara langsung akibat konflik bersenjata di empat negara itu.

"DK PBB mencatat dampak berbahaya dari konflik bersenjata dan aksi kekerasan yang kini terjadi," kata keterangan DK PBB, sebagaimana dilaporkan AFP.

PBB menegaskan keprihatinan mendalam bahwa konflik dan aksi kekerasan saat ini memicu konsekuensi berbahaya terhadap kemanusiaan.

Baca: 110 Orang Mati Kelaparan dalam Dua Hari di Somalia, 50.000 Anak

Selain itu, konflik dan kekerasan juga menghambat jalannya bantuan kemanusiaan sehingga menjadi tidak efektif, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang.

DK menyerukan kepada semua pihak yang terlibat konflik untuk menghormati dan melindungi fasilitas dan petugas medis berikut sarana transportasi dan peralatan yang digunakan dalam misi kemanusiaan itu.

DK PBB kemudian menyerukan kepada semua kubu di Yaman, Sudan Selatan, Somalia, dan Nigeria timur laut agar mengambil langkah segera yang memungkinkan bantuan kemanusiaan bisa sampai ketujuannya secara tepat.

Baca: Risiko Kematian akibat Kelaparan di Afrika Semakin Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com