Kompas.com - 10/08/2017, 15:30 WIB
EditorPascal S Bin Saju

NEW YORK, KOMPAS.com - Lebih dari 20 juta orang terancam kelaparan di empat negara ini, yakni Yaman, Somalia, Sudan Selatan dan Nigeria timur laut.

Kantor berita Perancis, AFP, mengutip laporan PBB, Rabu (9/8/2017), melaporkan, DK PBB untuk pertama kalinya mengumumkan adanya ancaman kelaparan secara langsung akibat konflik bersenjata di empat negara itu.

"DK PBB mencatat dampak berbahaya dari konflik bersenjata dan aksi kekerasan yang kini terjadi," kata keterangan DK PBB, sebagaimana dilaporkan AFP.

PBB menegaskan keprihatinan mendalam bahwa konflik dan aksi kekerasan saat ini memicu konsekuensi berbahaya terhadap kemanusiaan.

Baca: 110 Orang Mati Kelaparan dalam Dua Hari di Somalia, 50.000 Anak

Selain itu, konflik dan kekerasan juga menghambat jalannya bantuan kemanusiaan sehingga menjadi tidak efektif, baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang.

DK menyerukan kepada semua pihak yang terlibat konflik untuk menghormati dan melindungi fasilitas dan petugas medis berikut sarana transportasi dan peralatan yang digunakan dalam misi kemanusiaan itu.

DK PBB kemudian menyerukan kepada semua kubu di Yaman, Sudan Selatan, Somalia, dan Nigeria timur laut agar mengambil langkah segera yang memungkinkan bantuan kemanusiaan bisa sampai ketujuannya secara tepat.

Baca: Risiko Kematian akibat Kelaparan di Afrika Semakin Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.