Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Diminta Lebih Tegas Hadapi Ekspansionisme China

Kompas.com - 06/08/2017, 09:33 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Vietnam mendesak negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) untuk mengambil sikap yang lebih tegas melawan ekspansionisme China di Laut Cina Selatan.

Penengasan sikap Vietnam itu disampaikan menjelang digelar nya forum keamanan regional di Manila, Filipina, yang akan dimulai Minggu (8/8/20117, seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Forum ini secara khusus digelar untuk menghadapi Korea Utara karena terus meningkatkan program senjata nuklirnya.

Akan hadir pula dalam forum itu para diplomat tertinggi dari China, Amerika Serikat, Rusia dan Korea Utara, dan negara Asia Pasifik lainnya.

Mereka akan bergabung dengan sekutu dari ASEAN dan rekan-rekan Asia Pasifik lainnya untuk melakukan pembicaraan keamanan mulai, Minggu.

Baca: Pangkalan Militer China di Laut China Selatan Siap Digunakan

Menjelang pertemuan tahunan para menteri luar negeri dari 10 negara anggota ASEAN, Vietnam menyatakan sikap yang lebih tegas melawan China.

Vietnam mengusulkan sejumlah perubahan dalam komunike bersama ASEAN dengan menyertakan pernyataan tegas kepada China.

Terhadap situasi di Korea Utara, para menteri luar negeri ASEAN satu suara dengan merilis pernyataan bersama menyangkut keprihatinan mendalam atas pengujian peluru kendali antarbenua Korea Utara, bulan lalu.

"Perkembangan ini secara serius mengancam perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan dan dunia," kata pernyataan tersebut.

Baca: Dua Jet Pengebom AS Tantang China dengan Lintasi Laut China

Pertemuan yang akan berakhir pada 8 Agustus itu akan berlangsung saat Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada akhir pekan ini memilih resolusi yang dirancang AS untuk menguatkan sanksi terhadap Korut demi menghukum rezim yang terisolasi karena uji rudalnya.

AS mengatakan akan berusaha untuk membangun tekanan terpadu di Kotut pada Forum Regional ASEAN.

Setelah pertemuan mereka pada Sabtu kemarin, Menlu ASEAN mengeluarkan sebuah pernyataan bersama yang mengungkapkan "keprihatinan serius" atas pengujian rudal balistik antarbenua pertama Korut yang dilakukan bulan lalu.

Terkait dengan isu Laut China Selatan, tampak ASEAN sulit mencapai konsensus, terutama antara Filipina yang terlihat agak berupaya menenangkan China, melawan Vietnam yang berusaha menentang China.

Baca: Diancam China, Vietnam Hentikan Pengeboran di Laut China Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com