Kompas.com - 01/08/2017, 17:04 WIB
|
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - China secara resmi membuka pangkalan militer pertamanya di Afrika tepatnya di Djibouti. Demikian dikabarkan kantor berita Xinhua, Selasa (1/8/2017).

Para prajurit, perwira, dan tamu undangan menghadiri upacara pengibaran dan parade militer yang menandai peristiwa bersejarah ini.

Peresmian pangkalan militer di Djibouti ini berbarengan dengan ulang tahun ke-90 Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

"Pangkalan logistik ini menjadi yang pertama akan digunakan Beijing untuk mendukung pengawalan laut di Afrika dan Asia barat daya, menjaga perdamaian, dan untuk bantuan kemanusiaan," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan China.

Baca: Djibouti Dijadikan Pangkalan Militer Pertama China di Luar Negeri

China mengirim pasukan pertama ke pangkalan militer ini pada 11 Juli yang diwarnai upacara di provinsi Guangdong, wilayah selatan negeri itu.

China mulai membangun pangkalan militer di wilayah Tanduk Afrika ini pada Februari 2016 dan terletak hanya beberapa kilometer dari Camp Lemonnier, pangkalan militer satu-satunya milik AS di Afrika.

Beijing telah lama menanamkan investasi infrastruktur di sejumlah negara Afrika dalam upaya mencari sumber daya alam dan pasar baru.

Khusus untuk Djibouti, sejumlah bank di China mendanai setidaknya 14 proyek infrastruktur di negeri itu dengan nilai 14,4 miliar dolar AS.

Proyek infrastruktur yang didanai China di Djibouti antara lain jalur kereta api menuju ke Addis Ababa, Etiopia.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.