Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangkalan Militer China di Afrika Resmi Beroperasi

Kompas.com - 01/08/2017, 17:04 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China secara resmi membuka pangkalan militer pertamanya di Afrika tepatnya di Djibouti. Demikian dikabarkan kantor berita Xinhua, Selasa (1/8/2017).

Para prajurit, perwira, dan tamu undangan menghadiri upacara pengibaran dan parade militer yang menandai peristiwa bersejarah ini.

Peresmian pangkalan militer di Djibouti ini berbarengan dengan ulang tahun ke-90 Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

"Pangkalan logistik ini menjadi yang pertama akan digunakan Beijing untuk mendukung pengawalan laut di Afrika dan Asia barat daya, menjaga perdamaian, dan untuk bantuan kemanusiaan," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan China.

Baca: Djibouti Dijadikan Pangkalan Militer Pertama China di Luar Negeri

China mengirim pasukan pertama ke pangkalan militer ini pada 11 Juli yang diwarnai upacara di provinsi Guangdong, wilayah selatan negeri itu.

China mulai membangun pangkalan militer di wilayah Tanduk Afrika ini pada Februari 2016 dan terletak hanya beberapa kilometer dari Camp Lemonnier, pangkalan militer satu-satunya milik AS di Afrika.

Beijing telah lama menanamkan investasi infrastruktur di sejumlah negara Afrika dalam upaya mencari sumber daya alam dan pasar baru.

Khusus untuk Djibouti, sejumlah bank di China mendanai setidaknya 14 proyek infrastruktur di negeri itu dengan nilai 14,4 miliar dolar AS.

Proyek infrastruktur yang didanai China di Djibouti antara lain jalur kereta api menuju ke Addis Ababa, Etiopia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com