Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru 10 Hari Menjabat, Direktur Komunikasi Gedung Putih Dipecat Trump

Kompas.com - 01/08/2017, 10:04 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memecat Direktur Komunikasi Gedung Putih, Anthony Scaramucci, Senin (31/7/3017).

Pencopotan itu terjadi hanya 10 hari setelah Scaramucci memegang jabatan tersebut. Sebelumnya, Trump memilihnya menduduki jabatan itu pada 21 Juli lalu.

Informasi pencopotan ini muncul dari sebuah sumber yang mengetahui keputusan tersebut, seperti dikutip dari laman Japan Today, Selasa (1/8/2017).

Langkah tersebut pun terjadi di hari-hari pertama tugas Kepala Staf baru Gedung Putih pensiunan Jenderal Marinir John Kelly.

Sejumlah sumber menyebutkan Kelly berupaya menegakkan ketertiban dan disiplin di lingkungan Gedung Putih, yang kerap diramaikan dengan faksi dan juga fitnah.

"Ada 'sherif' baru sekarang," sindir Barry Bennett, mantan penasihat kampanye Trump.

Sumber di lingkungan Gedung Putih lain juga menyebutkan, Kelly adalah sosok di balik pencopotan Scaramucci.

Sebelumnya, Scaramucci merusak citranya sendiri saat mengeluarkan komentar yang menyerang Kepala staf Gedung Putih Reince Priebus dan ahli strategi Trump, Steve Bannon.

Komentar tak pantas Scaramucci itu yang dilansir majalah The New Yorker minggu lalu.

"Presiden tentu merasa bahwa komentar Anthony tidak sesuai untuk seseorang dalam posisi itu," kata Jurubicara Sarah Sanders.

Selain pencopotan itu, terjadi pula perubahan prosedur di Gedung Putih, di mana semua staf sekarang akan melapor kepada Kelly.

Menurut Sanders, aturan itu berlaku tanpa kecuali bagi anak perempuan Trump, Ivanka dan menantunya Jared Kushner.

Seorang pejabat Republik yang dekat dengan kantor kepresidenan mengatakan, Kelly kini diberi wewenang luas untuk memberlakukan perintah di Gedung Putih.

"Hal-hal akan berjalan dengan perintah reguler," kata pejabat tersebut.

Sumber itu juga mengatakan, putri presiden dan suaminya, yang keduanya memiliki peran senior di Gedung Putih, tidak akan luput dari aturan itu. 

Baca: Sekretaris Pers Gedung Putih Mengundurkan Diri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com