Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Hadapan Ribuan Warga Yaman, Pemerkosa Balita Jalani Eksekusi

Kompas.com - 31/07/2017, 18:50 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

SANAA, KOMPAS.com - Ribuan orang berkumpul di Sanaa, ibu kota Yaman yang dikuasai pemberontak pada Senin (31/7/2017) untuk menyaksikan sebuah eksekusi hukuman mati.

Siapa yang menjalani eksekusi? Dia adalah Mohammed al-Moghrabi (41) yang dijatuhi hukuman mati pada 25 Juni lalu setelah memperkosa dan membunuh seorang balita berusia tiga tahun.

Kejahatan Moghrabi dilakukan tepat di hari raya Idul Fitri lalu sehingga memicu kemarahan warga kota Sanaa.

Di hadapan ribuan orang itu, petugas mencambuk Moghrabi sebanyak 100 kali. Setelah itu, petugas memerintahkan Moghrabi untuk tengkurap di tanah.

Baca: 18 Perempuan Asing Anggota ISIS Terancam Hukuman Mati di Irak

Selanjutnya, petugas melepaskan sejumlah tembakan ke tubuh Moghrabi disambut sorak sorai warga yang menyaksikan eksekusi.

Eksekusi hukuman mati di hadapan publik seperti itu biasa disiarkan langsung media milik pemberontak Houthi, yang dianggap sebagai cara untuk memerangi kejahatan di wilayah yang dikuasainya.

Pemberontak Houthi yang didukung Iran kini terlibat perang dengan koalisi pimpinan Arab Saudi yang mendukung pemerintahan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi yang diakui dunia internasional.

Selama dua tahun perang berlangsung 8.000 orang tewas dan jutaan orang menjadi pengungsi sementara 2.000 orang lainnya meninggal dunia akibat wabah kolera.

PBB menyebut kondisi Yaman saat ini adalah krisis kemanusiaan terbesar di dunia dengan 10 juta warga sipil membutuhkan bantuan agar tak terjerumus dalam kelaparan.

Baca: Pelaku Penembakan di Florida Terancam Hukuman Mati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com