Kompas.com - 31/07/2017, 15:12 WIB
|
EditorErvan Hardoko

SANAA, KOMPAS.com - Seorang pemimpin senior Ansar al-Sharia, cabang lokal Al-Qaeda di Semenanjung Arabia, menyerahkan diri kepada aparat keamanan Yaman.

Menurut media massa Yaman, Khaled Abdelnabi menyerahkan diri pada Sabtu (30/7/2017) malam di distrik Yafa'a, provinsi Lahij.

Komandan unit darurat yang bertugas di Yafa'a, Jalal al-Rabini mengatakan, Abdelnabi kini sudah ditahan dan akan diserahkan ke aparat yang berwenang.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah Yaman. Pernyataan akan diberikan setela Abdelnabi diserahkan dan diperiksa.

Baca: Pria India Mengaku Danai Al Qaeda dan Berencana Bunuh Hakim AS

Abdelnabi alias Abu Basir al-Yazidi adalah salah seorang yang paling dicari intelijen Amerika Serikat.

Dia memerintah wilayah apa yang disebutnya sebagai "Keemiran Jaar" di Abyar, wilayah selatan Yaman setelah kawasan itu direbut Al-Qaeda antara 2011-2012.

Setelah Al-Qaeda terusir dari kota itu, keberadaan Abdelnabi tak diketahui dan aparat keamanan Yaman terus mengejarnya selama beberapa tahun terakhir.

Abdelnabi pernah bertempur bersama Osama bin Laden di Afganistan dan hubungannya dengan Osama sangat dekat.

Menurut sejumlah laporan, Abdelnabi juga dekat dengan presiden Yaman yang digulingkan Ali Abdullah Saleh.

Pada 2004, Abdelnabi memuji Presiden Saleh karena keterbukaan dan toleransinya terkait pembebasan para anggota militan Islam yang ditahan di penjara-penjara Yaman. 

Baca: Empat Terduga Anggota Al Qaeda Tewas dalam Serangan di Yaman

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Al Arabiya
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.