Kompas.com - 30/07/2017, 17:30 WIB
|
EditorErvan Hardoko

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Minggu (30/7/2017), meninjau kekuatan AL negeri itu dalam sebuah parade di Laut Baltik.

Sebanyak 50 kapal perang dan kapal selam unjuk gigi di Sungai Neva dan Teluk Filandia di lepas pantai kota terbesar kedua Rusia, St Petersburg setelah Putin memerintahkan parade dalam skala besar.

"Hari ini terlihat sudah banyak yang dilakukan untuk mengembangkan dan memodernkan AL," kata Putin kepada para personel angkatan laut.

"AL tidak hanya menangani tugas-tugas tradisional tetapi juga menjawab berbagai tantangan baru yaitu memberi kontribusi dalam memerangi terorisme dan bajak laut," tambah Putin.

Baca: Dalam Seminggu, Militer Rusia Bunuh 600 Teroris ISIS di Suriah

Parade ini digelar sekaligus untuk merayakan Hari Angkatan Laut dan menunjukkan kekuatan militer Rusia.

Hal serupa juga dilakukan Putin setiap merayakan hari kemenangan Perang Dunia II yang selalu diwarnai dengan parade militer besar-besaran.

Rusia terus meningkatkan manuver militernya di saat hubungan dengan negara-negara Barat memburuk terkait campur tangan Moskwa di Ukraina dan berupaya melemahkan anggota NATO di Eropa Timur.

Parade AL dalam skala lebih kecil digelar di wilayah kantung Rusia Kaliningrad di Laut Baltik hingga di Semenanjung Crimea dan Vladivostok di wilayah timur jauh negeri itu.

Untuk kali pertama, Rusia juga menggelar parade kekuatan angkatan lautnya di pangkalan AL di Tartus, Suriah di mana kapal-kapal perang negeri itu memainkan peran penting dalam mendukung operasi militer di Suriah.

Kantor berita Rusia Intefax mengabarkan, sebanyak enam kapal perang termasuk kapal selam disel generasi terbaru Krasnodar, ambil bagian dalam paradi di Tartus itu.

Baca: Studi: Militer Rusia Bisa "Gulung" Polandia dalam Semalam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.