Kompas.com - 30/07/2017, 10:16 WIB
|
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - China, Minggu (30/7/2017), menggelar parade militer besar-besaran untuk memperingati ulang tahun Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang ke-90.

Sejak berkuasa pada 2012, Presiden Xi Jinping telah melakukan modernisasi PLA, yang hingga kini menjadi angkatan perang terbesar di dunia.

Selain ini Xi Jinping melakukan konsolidasi kendali Partai Komunis terhadap angkatan bersenjata.

Dalam parade militer yang digelar di kamp latihan Zhurihe di wilayah otonomi Mongolia Dalam, Xi mengatakan keinginannya untuk membangun angkatan perang yang lebih kuat dan siap tempur.

Baca: Pangkalan Militer China di Laut China Selatan Siap Digunakan

Dengan mengenakan pakaian loreng khas militer Xi Jinping berdiri di jip beratap terbuka dan melakukan inspeksi barisan pasukan yang terlibat dalam acara itu.

"Kamerad, kalian sudah bekerja keras," kata Xi Jinping kepada ribuan prajurit.

"Kami sedang melayani rakyat," balas ribuan tentara itu.

Sebelumnbya, pemerintah China mengatakan, segera meningkatkan anggaran pertahanannya hingga sekitar tujuh persen tahun ini, yang merupakan pertumbuhan terendah sejak 1991.

Selama satu dekade terakhir Beijing membangun dan modernisasi angkatan perangnya yang dulu amat ketinggalan zaman.

Di tengah meningkatnya perekonomian negeri itu, Beijing juga meningkatkan kemampuan militernya terkait sejumlah klaim di beberapa perairan Asia.

PLA, yang dulu disebut Tentara Pekerja dan Petani China, dibentuk pada 1928 saat tentara komunis merebut Nanchang, provinsi Jiangxi dari pasukan Partai Nasionalis (Kuomintang) yang dalam sejarah disebut sebagai Pemberontakan Nanchang.

Baca: Pesawat Militer China Mendarat di Pulau Karang Buatan di Laut China Selatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.