Kompas.com - 29/07/2017, 11:04 WIB
EditorPascal S Bin Saju

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara mengatakan telah melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antar benua (ICBM) yang diawasi langsung oleh pemimpinnya, Kim Jong Un.

Informasi itu disiarkan oleh kantor berita resmi Pyongyang, Sabtu (29/7/2017), sebagaimana diteruskan kantor berita Perancis, AFP.

Peluncuran telah dilakukan pada Jumat malam dan melibatkan versi terbaru ICBM Hwasong-14. Tindakan itu jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Rudal tersebut terbang sejauh 998 km dalam tempo sekitar 47 menit di ketinggian jelajah 3.724,9 km, demikian dilaporkan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Baca: Korut Akui, Rudal Antarbenua Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir

Peluncuran rudal tersebut diawasi langsung pemimpin muda Korut, Kim Jong Un. Dari hasil uji coba itu, Korut dapat memastikan, seluruh wilayah daratan AS berada dlam jangkauan rudal tersebut.

Jong Un mengatakan, uji coba terbaru itu menunjukkan kemampuan Korut untuk menembakkan rudal "di mana dan kapan saja" dapat dilakukan.

KCNA mengatakan, "pemimpin (Kim Jong Un) mengatakan dengan bangga bahwa dengan pengujian terseput dipastikan semua wilayah daratan AS berada dalam jangkauan kami."

Baca: Korut Tak Hiraukan AS dan China, Tembakkan Lagi  Rudal Balistik

AS, Jepang, Korea Selatan, dan China menyampaikan sikap tegas yakni memprotes program rudal Korut itu.

Beijing "mendesak Korut untuk mematuhi resolusi PBB dan berhenti melakukan tindakan yang dapat memperburuk situasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
100 HARI KELILING INDONESIA
Perjalanan KRI Bima Suci Menuju Laut China Selayan Yang Dikenal Berombak Ganas
Perjalanan KRI Bima Suci Menuju Laut...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.