Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Telantar di Kebun Binatang Aleppo Dievakuasi ke Turki

Kompas.com - 28/07/2017, 19:12 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Badan amal kesejahteraan hewan internasional menyelesaikan proses evakuasi belasan binatang yang terabaikan di kebun binatang di Provinsi Aleppo, Suriah utara, Jumat (28/7/2017).

Kelompok bernama The Four Paws memindahkan dua singa dan dua anjing domestik dari kebun binatang dan taman hiburan "Magic World".

Hewan-hewan itu dibawa melintasi perbatasan ke Turki, dan kemudian ditempatkan ke pusat perlindungan hewan di utara negara itu.

Keterangan ini disampaikan Martin Bauer, Jurubicara The Four Paws kepada AFP.

Kini, empat tim dari badan amal itu berada di perbatasan dekat Kota Kilis, mempersiapkan kedatangan sisa hewan yang diperkirakan tiba Sabtu.

Dalam operasi awal pada 21 Juli lalu, The Four Paws  mengevakuasi sembilan hewan yang terdiri dari tiga singa, dua harimau, dua beruang hitam Asia, dan dua hyena.

Setelah menempuh perjalanan satu hari, hewan-hewan itu tiba dengan selamat di rumah baru, sebuah fasilitas perlindungan hewan di Karacabey, di luar Kota Bursa, Turki.

"Sembilan hewan yang saat ini dirawat di Karacabey berjalan baik," kata Bauer.

Dengan evakuasi empat binatang terakhir pada hari Jumat ini, tidak akan ada lagi hewan yang tersisa di kebun binatang Magic World.

"The Four Paws memiliki beberapa pilihan yang sangat bagus untuk tempat perlindungan hewan-hewan ini, termasuk di Yordania, Afrika Selatan, dan Belanda," kata dokter hewan di lembaga amal tersebut, sekaligus kepala misi evakuasi, Amir Khalil.

"Kami akan menentukan sendiri tempat mana yang paling cocok untuk setiap hewan," kata Khalil.

Baca: Kuda Nil Tertua Mati di Kebun Binatang Manila

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com