Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Sumbang 2 Pesawat Pengintai untuk Pantau Teroris di Marawi

Kompas.com - 27/07/2017, 20:14 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Amerika Serikat menyumbangkan pesawat pengintai dan mulai mengirimkan senjata ke Filipina untuk membantu perlawanan terhadap kelompok militan di selatan negeri itu.

Diberitakan AFP, dua pesawat Cessna C208B, lengkap dengan peralatan bernilai lebih dari 30 juta dollar AS, dapat dipakai melacak geromboloan teroris yang kini kian terdesak itu.

Duta Besar AS untuk Filipina, Sung Kim dan Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengungkapkan informasi itu, Kamis (27/7/2017).

"Pesawat ini adalah yang terbaru, manifestasi dari kemitraan kedua negara. Kami berjuang bersama mengatasi kesulitan bersama," kata Kim dalam upacara serah terima di Manila.

Bantuan ini merupakan bentuk dukungan terbaru Washington kepada Presiden Rodrigo Duterte dalam membasmi teroris yang beraksi di Marawi dalam dua bulan terakhir.

AS telah mengambil peran signifikan untuk Manila dalam konflik Marawi.

AS juga menerbangkan pesawat pengintai Orion P3 di Marawi, sementara pasukan Pasukan Khusus AS yang bermarkas di wilayah selatan Mindanao telah mengoperasikan pesawat tak berawak.

Kedua bantuan itu bertujuan untuk membantu pasukan Filipina menemukan gerombolan teroris terkait dalam pertempuran yang telah menewaskan lebih dari 600 orang.

Kim mengatakan, AS juga telah mulai mengirimkan  227 kilogram bom, hampir seribu roket, dan ratusan pistol, dan peluncur granat, yang dibeli Filipina.

Dalam beberapa bulan terakhir, Washington juga akan mengirim sistem pengawasan udara militer Filipina.

Lorenzana mengatakan, pesawat pengintai Cessna mampu memantau pergerakan di Marawi, serta wilayah patroli Laut China Selatan yang disengketakan antara Manila dan Beijing.

"Untuk jenis pesawat pengintai ini adalah yang paling modern yang kami miliki. Kami tidak memilikinya sebelumnya," kata Lorenzana.

Baca: Berapa Banyak Teroris Maute yang Masih Tersisa di Marawi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com