Kompas.com - 27/07/2017, 19:40 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MISRATA, KOMPAS.com - Kelompok teroris yang menamakan dirinya Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) kini kembali mengumpulkan kekuatan tempurnya di Libya setelah kehilangan kota Mosul di Irak utara dan Raqqa di Suriah.

Pasukan Libya mengungkapkan hal itu sebagai sebuah masalah baru yang mengancam negara itu, seperti dilaporkan situs berita harian The Independent, Kamis (27/7/2017).

Ketika dua pemerintahan yang bersaing, yakni yang berbasis di Tripoli dan Benghazi, sedang merundingkan gencatan senjata, militan ISIS diyakini sedang mempersiapkan serangan baru di kota pelabuhan Misrata, Libya.

Milisi yang bertempur atas nama pemerintah Libya yang didukung PBB memperingatkan, teroris ISIS berkumpul kembali untuk melancarkan serangan baru ke kota Misrata, pusat perdagangan Libya.

Baca: Pasukan Khusus Inggris Disergap ISIS di Libya

"Kami telah melihat pergerakan Daesh (ISIS) di selatan Sirte, tempat mereka mencoba untuk berkumpul kembali dan menembusi jalur pasukan kami di selatan," kata Mohamed Ghasri, juru bicara dan komandan senior pasukan al-Bunyan al-Marsous, Rabu (26/7/2017).

Milisi pro-pemerintah merupakan pasukan kunci dalam mengusir ISIS dari kota pesisir Sirte tahun lalu setelah perang enam bulan yang melelahkan, dengan bantuan serangan udara AS.

Al-Bunyan al-Marsous yang berbasis di Misrata sekarang yakin, serangan atas kota pelabuhan Misrata sudah dekat. Ghasri memperingatkan, tentaranya tak punya dukungan internasional.

Pemimpin ISIS di Libya sekarang beroperasi di daerah pedesaan di Sirte selatan. Ghasri tidak mengungkap jumlah militan ISIS yang dipastikan ikut dalam serangan terbaru ke Misrata.

Perang saudara yang telah melanda Libya sejak penggulingan Muammar Khadafy pada 2011 telah memungkinkan panglima perang dan ekstrimis mendapatkan pijakan di seluruh negeri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.